Selasa, 13 Januari 2009

TIPS MENGHADAPI UAN


UAN atau Ujian Akhir Nasional merupakan kata-kata yang masih menjadi momok bagi sebagian siswa SMA yang akan menghadapinya. Begitupun dengan saya beberapa tahun yang lalu, saya sangat takut menghadapi UAN, karena ujian ini sangat menentukan nasib saya selama 3 tahun belajar di SMA. Sebenarnya sistem UAN ini bukanlah sistem yang tepat, tapi sudahlah kita hentikan perdebatan tentang UAN. Nah! Yang penting adalah bagaimana cara agar Sukses dan Lulus dengan nilai yang terbaik. Saya memiliki beberapa tips yang praktis untuk kamu:


1. Belajar dari jauh hari
Belajar untuk Uan tidak bisa dilakukan dengan sistem sks (sistem kebut semalam) bahkan dengan sks (sistem kebut seminggu) pun tidak bisa juga, kenapa? Karena bahan yang akan diujikan cukup banyak dan membutuhkan pengertian yang baik. Soal-soal UAN biasanya terdiri dari pelajaran kelas 1, 2, dan 3 SMA. Kuncinya? Belajar harus dicicil, artinya minimal 2 bulan sebelum UAN kita sudah harus mulai mengulang pelajaran yang akan diujikan. Mintalah petunjuk kepada guru masing-masing tentang kemungkinan materi yang akan atau biasanya dikeluarkan dalam UAN.

2. Belajar kelompok
Ini merupakan metode yang dulu saya gunakan agar bisa lulus UAN dengan nilai baik. Sistem belajar kelompok yang saya anjurkan adalah begini: satu kelompok terdiri dari 10 orang siswa, nah tentukan hari pertemuan di setiap minggunya, misalkan satu minggu sekali. Setiap anak harus mempelajari satu materi pelajaran, pada saat pertemuan, masing-masing anak menjelaskan materi yang telah dipelajarinya pada teman-teman yang lain, lalu materi tersebut dapat dibahas bersama. Sistem ini EFEKTIF dan MUDAH.

3. Pelajari soal-soal tahun sebelumnya
Setahu saya soal-soal dalam UAN dapat terdiri dari beberapa soal-soal ulangan yang telah dikeluarkan pada tahun-tahun sebelumnya. Pelajari minimal soal 5 tahun sebelumnya. Dan yang paling penting juga pelajari soal-soal yang berhubungan dengan mata pelajaran yang akan diujikan, jadi juga jangan tergantung dengan soal-soal tahun lalu. Minta latihan soal yang lebih banyak pada guru masing-masing pelajaran yang akan diujikan.

4. Ikut Bimbel (bimbingan belajar)
Solusi ini dapat dilakukan bila 3 solusi diatas sulit dilakukan. Bimbel biasanya menjajikan sistem belajar yang lebih efektif dan lebih baik dibandingkan dengan belajar mandiri. Nah biasanya dalam bimbel juga diberikan berbagai latihan soal yang diprediksikan akan keluar pada saat UAN. Yang menjadi catatan adalah pertimbangkan biaya yang harus dibayarkan untuk sebuah program Bimbel yang akan diikuti, satu lagi yang harus diwaspadai adalah janji-janji dari lembaga BIMBEL yang berkata Kamu akan lulus 100%. INGAT! TIDAK ADA YANG DAPAT MENJAMIN KAMU LULUS SELAIN USAHA DARI DIRIMU SENDIRI !!!

5. Berdoa
Setelah selesai kita berusaha tentunya kita harus mempasrahkan semua yang telah kita kerjakan pada TUHAN YANG MAHA ESA, dengan harapan bahwa apa yang telah kita kerjakan dapat sukses dan lulus ujian dengan baik.


SALAM PERCAYA !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar