Selasa, 06 Januari 2009

TENTUKAN TUJUANMU !!!


Inilah pertanyaan pertama yang akan ditanyakan oleh para konsultan pendidikan kepada para kliennya. Tapi sejujurnya ini juga merupakan pertanyaan yang paling sulit dijawab oleh teman-teman sekalian. Menurut pengalaman kami, 6 hal yang harus diperhatikan oleh seorang siswa SMA dalam menentukan tujuan kuliahnya nanti. Apa saja? Seperti teori bahasa 5W+1H.

1. What?
Apa yang sebenarnya kamu inginkan, renungkan dalam-dalam apa yang sebenarnya kita inginkan demi masa depan kita. Jangan pernah mengikuti keinginan teman sebaya apalagi mengikuti trend yang sedang terjadi. Seperti pada awal tahun 2000an, semua siswa demam ingin masuk jurusan IT sampai universitas yang memiliki program IT penuh dimanan-mana. Pertimbangkan juga untuk mengikuti tes Minat dan Bakat untuk mengetahui kemungkinan jurusan yang cocok untuk kamu.

2. Where?
Dimana kamu ingin kuliah? Dalam negeri atau luar negeri? Kalo keluarga kalian adalah keluarga yang mampu,tidak masalah untuk kuliah di luar negeri, tapi kalo yang biayanya pas-pasan sebaiknya dipertimbangkan terlebih dahulu. Nah untuk yang di dalam negeri, pertimbangkan apakah kalian kuliah di luar kota, karenan natinya akan mempengaruhi biaya transportasi dan tempat tinggal (misalnya biaya kontrak/kost)

3. Why?
Pilihlah alasan yang paling jelas dan masuk akal, mengapa kamu memilih jurusan yang kamu minati. Hal ini akan menjadi daya tawar kamu dengan orang tua yang mungkin saja tidak setuju dengan jurusan yang akan kamu ambil.

4. Who?
Ini hanya sebagai alasan tambahan. Yaitu siapa yang kamu idolakan selama ini, nah mungkin idola kamu ini memiliki sejarah pendidikan yang baik sehingga mungkin dapat menjadi inspirasi kamu dalam mengambil jurusan. Misalnya saja ada orang yang mengidolakan kakaknya yang sudah masuk jurusan Perminyakan dan sukses, anak ini ingin sekali untuk mengikuti jejak kakaknya agar sukses.

5. When?
Nah dalam hal ini kamu harus mengetahui kapan waktu pendaftaran dari univeristas dan jurusan yang kamu minati. Hal ini sangat penting karena mungkin saja kamu kehabisan formulir pendaftaran pada universitas idaman kamu dan kamu gagal masuk, sehingga dapat menimbulkan kekecewaan dalam dirimu.

6. How?
Nah ini yang terakhir. Bagaimana kamu dapat masuk ke universitas impianmu, apakah melalui JALUR NORMAL atau JALUR SISWA BERPRESTASI. Karena biasanya setiap jalur memiliki biaya masuk yang berbeda. Khan lumayan kalau bisa menghemat biaya karena kamu mendapat Beasiswa sebagai siswa yang berprestasi.

Semoga dapat berguna. SALAM PERCAYA !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar